Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah

Authors

  • Afnania Yusditiani Universitas Ahmad Dahlan
  • Hijazzi Lutfiah Izyul Adha Universitas Ahmad Dahlan
  • Meysa Fadlun Rubiyyati Universitas Ahmad Dahlan
  • Shella Masrofah Universitas Ahmad Dahlan
  • Arif Rahman Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Maraknya isu-isu terkait isu multikultural seperti perang suku, separatisme dan gerakan lainnya yang berpotensi menimbulkan disintegrasi bangsa merupakan hal yang mendesak dan membutuhkan solusi yang tepat. Artikel ini akan fokus pada pembahasan implementasi pendidikan multicultural di sekolah. Tanggung jawab utama dalam pelaksanaan Pendidikan multicultural, yang mencakup gagasan seperti kesetaraan, rasa hormat, dan perdamaian, serta kesempatan yang sama untuk sukses bagi semua siswa, adalah milik guru. Persepsi dan sikap guru terhadap pendidikan multicultural berkaitan langsung dengan bagaimana mereka akan melaksanakan pendidikan multicultural. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ada pengaruh budaya yang tidak dapat disangkal pada pendidikan, namun calon pengajar dan manajer seringkali tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pendidikan multikultural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Arifin, A. H. (2012). Implementasi Pendidikan Multikulutral dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1).

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Dani Nurcholis. (2019). Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Abimanyu.

Harahap, S. (2018). Konflik Etnis dan Agama di Indonesia. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 1(2), 1–19.

Ilmi, M. U., Mayangsari, I., & Dewi, F. A. (2021). Peran Guru dalam Pengajaran Pendidikan Multikultural: Inisiasi dan Praktek. Belantika Pendidikan, 4(2), 71–76.

Muslimin. (2012). Pendidikan Multikultural sebagai Perekat Budaya Nusantara: Menuju Indonesia yang Lebih Baik. Prosiding Seminar Internasional Multikultural & Globalisasi, 87–94. https://repository.ung.ac.id/get/simlit_res/4/46/Pendidikan_Multikultural_Sebagai_Perekat_Budaya_Nusantara__Menuju_Indonesia_yang_Lebih_Baik.pdf

Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Pradissa, R. K. A., Mansur, R., & Muslim, M. (2020). PERANAN GURU DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMKN 01 AMPELGADING KAB. MALANG. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 127–133.

Rahman, A. (2015). Paradigma Kritis Pancasila dalam Dimensi Pendidikan Islam. Edukasi : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, No. 1, 133.

Rahman, A. (2019). Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Komojoyo Press.

Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244.

Downloads

Published

2022-01-12

How to Cite

Afnania Yusditiani, Hijazzi Lutfiah Izyul Adha, Meysa Fadlun Rubiyyati, Shella Masrofah, & Arif Rahman. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 60–68. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)