Biografi Ali bin Abi Thalib

Authors

  • Siti Munawira Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Selvi Hamriani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Bahaking Rama Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3298

Abstract

Biografi dan sejarah peradaban Islam di masa Ali bin Abi Thalib merupakan sejarah yang banyak dikisahkan oleh banyak sejarawan Islam. Perjalanan Ali bin Abi Thalib dalam memperjuangkan Islam menorehkan sejarah yang dapat menjadikan pembaca mengambil hikmah dan pelajaran dari kisahnya. Ali merupakan sepupu dan juga menantu Nabi Muhammad ﷺ, anak dari Abu Thalib dan Suami dari anak Nabi, Fatimah binti Muhammad. Dikenal dengan kecerdasan dan kefaqihannya dalam urusan Agama, satu diantara 10 sahabat yang dijamin masuk surga dan menjadi khalifah setelah wafatnya khalifah Utsman bin Affan (36-41 H/656-661 M). Di masa kekhalifaannya kondisi sosial dan politik tidak stabil pasca terjadinya pembunuhan khalifah Utsman yang dilakukan oleh demonstran yang mengakibatkan terjadinya perpecahan kaum muslimin hingga terjadi perang saudara yang kita kenal dengan perang Jamal antara Khalifah Ali dan Aisyah bersma dua orang sahabat dan perang Siffin antara Khalifah Ali dan Muawiyah bin Abi sofyan. Artikel ini memberikan wawasan singkat terkait biografi Ali bin Abi Thalib dan peradaban Islam di masa kekhalifahan Ali (gambaran kondisi politik dan sosial) dan peritiwa tahkim antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah bin Abi Sofyan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Detik Hikmah, “Masa Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah, Capai Berbagai Kemajuan”, https://www.detik.com/hikmah/kisah/d-6927385/masa-kepemimpinan-ali-bin-abi-thalib-sebagai-khalifah-capai-berbagai-kemajuan (8 Desember 2023).

Ensiklopedia Dunia, “Pertempuran Shiffin”, https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Pertempuran_Shiffin (8 Desember 2023)

Mas’ud, Prof. H. Abdurrahman, M.A., Ph. D., “Sejarah Peradaban Islam”, Cet. V. Jakarta. Amzah, 2015.

Nasution, Prof. Dr. H. Syamruddin, “Sejarah Peradaban Islam”, Cet. II. Depok. Rajawali Pers, 2019.

Rumaysho, “Syarhus Sunnah: keutamaan Ali bin Abi Thalib”, https://rumaysho.com/26766-syarhus-sunnah-keutamaan-ali-bin-abi-thalib.html (27 Oktober 2023)

Thaqqusy, Dr. Muhammad Suhail, “Sejarah Islam dari Pra-Islam Hingga Runtuhnya Khalifah Utsmani”, Cet. I. Jakarta Selatan. PT. Qaf Media Kreativa, 2020.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Munawira, S., Hamriani, S., & Rama, B. (2024). Biografi Ali bin Abi Thalib. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 88–95. https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3298

Issue

Section

Articles