Biografi Para Khilafah dan Kegemilangan Peradaban Islam pada Masanya sampai Diruntuhkan oleh Bangsa Mongol

Authors

  • Muhammad Ilham Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Junarti Junarti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aisyah Aisyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Bahaking Rama Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2773

Keywords:

Khilafah, Kegemilangan, Peradaban Islam, Bangsa Mongol

Abstract

Sejarah peradaban Islam sebagai studi tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan sejarah peradaban sudah tentu akan sangat bermanfaat terutama dalam rangka memberikan sumbangan bagi pertumbuhan atau perkembangan peradaban. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Biografi Para Khilafah Dan  Kegemilangan Peradaban Islam Pada Masanya Sampai Diruntuhkan Oleh Bangsa Mongol  . hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa Dinasti Abbasiyah merupakan kelanjutan dari Dinasti Umayyah. Nama Dinasti Abbasiyah diambil dari salah seorang dari paman Nabi Muhammad SAW yang bernama Al-Abbas Ibn Abd Al-Muthalib Ibn Hasyim. Dinasti Abbasiyah didirikan oleh Abdullah Al-Saffah ibn Muhammad ibn Ali ibn Abdullah ibn al-Abbass. Pada masa inilah masa kejayaan Islam yang mengalami puncak keemasan pada masa itu berbagai kemajuan dalam segala bidang mengalami peningkatan seperti bidang pendidikan, ekonomi, politik dan sistem pemerintahannya. Para ahli sejarah membagi pemerintahan bani Abbasiyah menjadi 5 periode yang didasarkan pada kondisi politik pemerintahan(Mesriah Ria, 2017). Periode Pertama (tahun 750 – 847 M) Pada periode ini terdapat pengaruh persia yaitu masuknya keluarga Barmak dalam pemerintahan Bani Abbasiyah dan dalam bidang ilmu pengetahuan. Puncak kejayaan terjadi pada periode ini yaitu ketika di pinpin oleh khalifah Harun Al Rasyid. Semua sektor perekonomian maju, ilmu pengetahuan berkembang pesat sehingga rakyat menjadi sejahtera. Periode kedua (tahun 847 –945 M) Bangsa Turki yang menjadi tentara mulai mendominasi pemerintahan Bani Abbasiyah. Mereka memilih dan menentukan khalifah sesuai dengan kehendaknya. Pada masa ini Bani Abbasiyah mulai mengalami kemunduran(Mesriah Ria, 2017). Periode ketiga (tahun 945 – 1055 M) Pada masa Bani Abbasiyah di bawah kekuasaan Bani Buwaihi. Khalifah posisinya makin lemah hanya seperti pegawai yang digaji saja karena Bani Buwaihi berpaham syi’ah sedangkan Bani Abbasiyah berpaham Sunni.  Periode keempat (tahun 1055 – 1199 M) periode ini ditandai dengan masuknya Bani Saljuk dalam pemerintahan Bani Abbasiyah karena telah mengalahkan Bani Buwaihi. Keadaan khalifah mulai membaik terutama bidang agama karena Bani Saljuk dengan Bani Abbasiyah sama-sama sepaham Sunni. Periode kelima (tahun 1199 – 1258 M) Pemerintahan Bani Abbasiyah tidak berada di bawah kekuasaan siapapun tetapi wilayah kekuasaannya hanya tinggal Baghdad dan sekitarnya. Pada tahun 1258 M, tentara Mongol dipinpin oleh Hulagu Khan masuk kota Baghdad menghancurleburkan kota Baghdad dan isinya, sehingga berakhirlah Bani Abbasiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ahqaf Muhammad Infithar, Pemikiran Dan Peradaban Islam Pada Masa Bani Umayyah,UIN Antasari Banjarmasin: Jurnal Sejarah Peradaban Islam,2020.

Abdul Karim M, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yokyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009.

Abdurrahman, Islam Masa Rasulullah SAW, vol.1, no.3, UIN Alauddin Makassar: Jurnal Diskursus Islam, 2013.

Afandi, Khulafaur Rasyidin dan Anatomi-Diaektik Pendidikan Politik Penguasa, vol.3, no.2, Al-Ibrah, 2018.

Alkhateeb Firas, Sejarah Islam yang Hilang, Yokyakarta: PT. Bentang Pustaka,2016.

Al-Maududi Abul Ala, Khilafah dan Kerajaan, Bandung: Karisma, 2007.

Amin Samsul Munir, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Amzah, 2018.

As-Suyuthi Imam, Tarikh Khulafa’, Jakarta: Qisthi Press, 2015.

Azman Zainal, Pendidikan Pada Zaman Bani Umayyah, vol. XI, no. 02, ElGhiroh, 2016.

Badwi Ahmad, Pendidikan Islam Pada Periodeisasi Khulafaul Al-Rasyidin, vol.3,no.2, Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2017.

Fuad Ahmad Zakki, Sejarah Peradaban Islam Paradigma Teks, Reflektif, danFilosofis,Surabaya: CV. Indo Pramaha, 2012.

Irfan, Peranan Baitul Hikmah dalam Menghantarkan Kejayaan Daulah Abbasiyah, vol. 1, no. 2, STIT Ar-Raudhah Deli Serdang, Jurnal As-Salam, 2016.

Ismail Faisal, Sejarah dan Kebudayaan Islam Periode Klasik (Abad VII-XIII M),Yogyakarta:IRCiSoD, 2017.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Ilham, M., Junarti, J., Aisyah, A., & Rama, B. (2024). Biografi Para Khilafah dan Kegemilangan Peradaban Islam pada Masanya sampai Diruntuhkan oleh Bangsa Mongol. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2773

Issue

Section

Articles