Pelatihan Dan Pendampingan Akuntansi Berbasis Digital Bagi Pelaku Bisnis Dengan Aplikasi Catatan Keuangan

Main Article Content

Lilis Sulistyani
Ifah Lathifah
Ridwan Wahyudi
Ika Swasti Putri
Brm. Suryo Triono

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku bisnis tentang akuntansi berbasis digital di wilayah Karanganyar, khususnya di dusun Jengglong, desa Waru, kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar.


Kegiatan pelatihan dan pendampingan proses akuntansi berbasis digital ini dilakukan dengan cara presentasi, diskusi dan simulasi. Sasaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bagi pelaku bisnis di dusun Jengglong, desa Waru, kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Solusi yang ditawarkan adalah para pelaku bisnis di dusun Jengglong, desa Waru, kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar sebagai wirausahawan/wirausahawati akan dapat menyusun laporan keuangan sederhana namun sudah berbasis teknologi. Kegiatan ini dimulai dengan membantu dalam memilih aplikasi akuntansi yang cocok, melatih proses pencatatan transaksi sampai dengan penyusunan laporan keuangan berdasarkan aplikasi akuntansi yang akan  digunakan.


Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain para pelaku bisnis di dusun Jengglong, desa Waru, kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar dapat merekam tiap transaksi melalui aplikasi akuntansi yang akan digunakan sampai dengan menghasilkan laporan keuangan sesuai yang diinginkan. Tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu akan dilakukan binaan dan pendampingan berkelanjutan, sehingga peserta pendampingan benar-benar dapat menggunakan aplikasi akuntansi untuk menjalankan bisnis atau usaha mereka secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sulistyani, L., Lathifah, I., Wahyudi, R. ., Swasti Putri, I., & Suryo Triono, B. . (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Akuntansi Berbasis Digital Bagi Pelaku Bisnis Dengan Aplikasi Catatan Keuangan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220–226. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1564
Section
Articles

References

Arianto, Bambang. (2020). “Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Administrasi Bisnis 6, no. 2 (2020): 233–36.

Auliyatul, Mala. (2020). “Manajemen Pemasaran.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3, no. 3 (2020): 45.

Bisnis.com. (2021). “BukuKas, Solusi Pembukuan Keuangan Digital UMKM,”. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200511/9/1238739/bukukas-solusi-pembukuan-keuangan-digital-umkm.

Dureau, Christopher. (2013). “Pembaru Dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan.” Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS).

Editor, Studilmu (2022). “Pengertian Inovasi, Manfaat Inovasi, Tujuan Inovasi dan 5 Mitos Inovasi,”. https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-inovasimanfaat-inovasi-tujuan-inovasi-dan-5-mitos-inovasi.

Shelly. (2020). “Perancangan Pembukuan Keuangan Sederhana Pada Dewi Laundry.” Jurnal Ekonomi Universitas Internasional Batam.

Sholikah, Mar’atus, Puji Astuti, and Dyah Ayu Paramitha. (2019). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Presepsi Wirausahawan Terhadap Pentingnya Pembukuan Dan Laporan Keuangan.” Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri 2, no. 1 (2019).

Suara.com. (2021). “BukuKas, Solusi Praktis Pembukuan Digital UMKM,”. https://www.suara.com/bisnis/2020/05/11/100000/bukukas-solusi-praktis pembukuan-digital-umkm?page=all.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.