Webinar Implementasi Nilai-Nilai Anti Korupsi Bagi Orang Tua dan Guru Anak Usia Dini

Main Article Content

Rahman Tanjung
Nasem
Selvy Safaridawaty

Abstract

Korupsi di Indonesia sudah menjadi masalah sosial yang merugikan semua sektor, bahkan dari Indeks Persepsi Korupsi Indonesia tahun 2022 mengalami penurunan sehingga saat ini ada di peringkat 110 di seluruh dunia. Perlu strategi yang tepat dalam memberantas korupsi, salah satunya melalui Pendidikan Anti Korupsi (PAK) yang sejak tahun 2018 sudah dicanangkan oleh pemerintah. PAK akan lebih efektif bila diterapkan sejak dini, karena pada fase usia dini semua potensi anak mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dan signifikan. Oleh karena itu, STIT Rakeyan Santang menyelenggarakan kegiatan Webinar Implementasi Nilai-Nilai Antikorupsi bagi Anak Usia Dini pada 11 Februari 2023 melalui zoom meeting. Tujuan dilaksanakannya webinar ini adalah untuk memberikan bekal dan pemahaman bagi para orang tua dan guru pendidikan anak usia dini tentang pencegahan korupsi melalui penanaman sembilan nilai antikorupsi. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam webinar ini adalah melalui ceramah, tanya-jawab dan menyanyi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan di akhir acara, dapat diketahui bahwa webinar ini telah dilaksanakan dengan sangat baik, dari segi materi, narasumber dan pelayanan panitia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tanjung, R., Nasem, N., & Safaridawaty, S. (2023). Webinar Implementasi Nilai-Nilai Anti Korupsi Bagi Orang Tua dan Guru Anak Usia Dini . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 232–239. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1567
Section
Articles

References

Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89–110.

Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada media.

Nasem, N., Tanjung, R., & Nurkhasanah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Sakinah, N., & Bakhtiar, N. (2019). Model Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Yang Bersih dan Berintegritas Sejak Dini. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(2), 39–49.

Sumaryati, Murtiningsih, S., & Maharani, S. D. P. (2020). Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32697/integritas.v6i1.408

TI Indonesia. (2023). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2022. Https://Ti.or.Id. https://ti.or.id/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-2022-mengalami-penurunan-terburuk-sepanjang-sejarah-reformasi/

Tim Penulis Buku Pendidikan Antikorupsi. (2018). Pendidikan Antikorupsi untuk Perguruan Tinggi (Edisi Revisi). Sekretariat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.