Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Dengan Menggunakan Metode Role Play Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Main Article Content

Sri Widyarti Ali
Nurlaila Husain

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak usia sekolah dasar di Rumah Belajar dan bermain, sekaligus mengenalkan bahasa Inggris bagi mereka yang belum pernah mempelajarinya. Kegiatan ini difokuskan pada pembelajaran dan pelatihan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan metode Role play. Target yang ingin dicapai adalah terciptanya kegiatan belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan meningkatnya kemampuan berbicara bahasa Inggris para peserta pelatihan. Hasil dari pelaksanaaan kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa metode role play efektif dalam meningkatkan motivasi peserta pelatihan untuk belajar bahasa Inggris. Melalui kegiatan pengabdian ini juga mereka dapat mengenal banyak kosa kata bahasa Inggris dan menggunakannya dalam komunikasi lisan sederhana. Diharapkan kegiatan pelatihan bahasa Inggris seperti ini dapat terus berlanjut, sehingga anak-anak di Rumah belajar dan bermain dapat memiliki kesempatan belajar bahasa Inggris lebih lanjut, tidak hanya pada keterampilan berbicara tetapi juga keterampilan bahasa Inggris lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ali, S. W., & Nurlaila Husain. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Dengan Menggunakan Metode Role Play Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 240–244. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1568
Section
Articles

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Hartin. 2017. “Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahasa Dan Seni 16(1):120–28.

Puspitasari, Indah, and Agung Budi Kurniawan. 2021. “Pelatihan Teknik Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak.” Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas Tahun 2021 6:244–48.

Setiani, Karina. 2019. “Increasing Speaking Skills in English Using The Role Play Method in Students of Class V (Classroom Action Research at SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi).”

Taringan, Arleni. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Jurnal Primary : Jurnal Guru Pendidikan Dasar 5(November):102–12.

Wijaya, Iriany Kesuma. 2015. “Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar.” BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 14(2):120–28. doi: 10.21009/bahtera.142.02.