Pendampingan dan Implementasi Seleksi Terbuka Perangkat Desa berbasis Komputer (Seri Pengabdian Masyarakat Desa Pamijen Kabupaten Banyumas)

Main Article Content

R. Bagus Bambang Sumantri
Riska Suryani

Abstract

Seleksi terbuka bagi perangkat desa merupakan inovasi baru dalam peningkatan kualitas sumber daya aparatur desa. Dengan adanya peningkatan kualitas sumber daya aparatur desa ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan public bagi masyarakat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melaksanakan analisis dan mendeskripsikan pelaksanaan seleksi perangkat desa di Desa Pamijen Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil diskusi dengan panitia, dapat ditemukan ada dua permasalahan yang dihadapi oleh mitra yakni: pertama, mitra belum mampu menyusun soal standar tes perangkat desa; kedua, desa belum mampu melakukan analisis jawaban peserta ujian perangkat desa. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan tim pengabdian kepada mitra adalah melaksanakan pendampingan dan implementasi tentang rekrutmen dan seleksi perangkat desa tersebut. Metode yang digunakan adalah metode advokasi yakni pendampingan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi bersama-sama dengan pemegang kebijakan di wilayah tersebut. Hasil PKM menunjukkan bahwa implementasi seleksi perangkat desa di Desa Pamijen telah dilakukan sesuai dengan ketentuan perbub no 35 tahun 2017. Pelaksaan tes CBT dengan bentuk soal pilihan ganda dengan passing grade 63, peserta yang lolos passing grade akan melanjutkan Ujian praktek dengan jumlah 5 soal. Pelaksanaan PKM berupa seleksi perangkat Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja telah dilaksanakan dengan mengedepankan keterbukaan dan pertanggungjawaban serta akan terwujud dengan adanya perangkat desa yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
R. Bagus Bambang Sumantri, & Suryani, R. . (2023). Pendampingan dan Implementasi Seleksi Terbuka Perangkat Desa berbasis Komputer: (Seri Pengabdian Masyarakat Desa Pamijen Kabupaten Banyumas). Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 285–289. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1598
Section
Articles

References

Aringga, R. D. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simpel Additive Weighting Dalam Pengolahan Seleksi Perangkat Desa Baru ( Studi Kasus : Kecamatan Mojo – Kabupaten Kediri ). Jurnal Teknologi Dan Informasi, 1(6), 283–289.

Aritonang D.M. (2018). Oleh : Dinoroy M . Aritonang Dosen STIA LAN RI – Bandung. 12(3).

Atmojo, M. E., Zakiyah, U., & Fridayani, H. D. (2018). Inovasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Bagi Perangkat Desa Di Desa Bendungan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Agresi, 6(2), 139–148.

Herlina, V. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pemerintah Desa Dalam Menyelenggarakan Pemerintahan Desa. Journal Development, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.53978/jd.v7i1.129

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed). (PT. Remaja Rosdakarya (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

MS Nasution. (2015). Problematika Implementasi Lelang Jabatan Publik. Kementerian Agama RI.

Puspa, M. A. (2019). Implementasi Data Mining Klasifikasi Algoritma C4.5 Dalam Perekrutan Perangkat Desa. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 1(2), 92–97.

Risa Nur Sa’adah. (2020). Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Literasi Nusantara.

Rusito. (2018). Perkembangan Organisasi Dan Manajemen Pemerintah Desa. Stia Banten, 1(1), 64–78.

Zhikri, A. (2019). Pengaruh Rekrutmen Terhadap Kinerja Perangkat Pemerintah Desa Sungai Tohor Barat Dan Desa Sendanu Darul Ihsan. Jurnal Dinamika Pemerintahan. 2(2), 115–138.

Most read articles by the same author(s)