Pelatihan Desain Prototipe Sistem Informasi Siswa SMK Menggunakan FIGMA
Main Article Content
Abstract
Aplikasi FIGMA adalah sebuah tools untuk desain prototype yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online, dengan aplikasi ini kita dapat desain protitipe, FIGMA saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android. Di era digital yang semakin berkembang ini, sistem informasi memiliki peran yang penting dalam berbagai bidang, mulai dari bisnis, kesehatan, government, hingga pendidikan. Sistem informasi yang efektif dan efisien dapat membantu meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan proses bisnis, dan meningkatkan pengalaman pengguna. Dalam pengembangannya, desain prototipe menjadi tahap awal yang krusial. Prototipe merupakan representasi visual dari sistem yang akan dibangun, yang memungkinkan pengguna dan pengembang untuk memahami dan berinteraksi dengan konsep usulan sebelum implementasi sebenarnya. Pelatihan Figma untuk Desain Prototipe Sistem Informasi memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perancangan prototipe sistem informasi dengan menggunakan aplikasi Figma. Pelatihan ini dapat membantu peserta dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan desain, memahami teknologi digital yang berkembang pesat, menguasai metode desain yang efektif dan efisien, serta memahami Teknik desain aplikasi seluler yang baik
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hariyadi, H., Yamashika, H., Mustaqim, W., Alfirdaus, A., Giatman, M., & Risfendra. (2023). Mobile Application Design for Learning Digital Engineering Based on Figma and Android Studio. Journal of Computer Science Information Technology and Telecommunication Engineering. https://doi.org/10.30596/jcositte.v4i1.13184
Iskandarwassid dan H. Dadang Sunendar. (2016). Strategi pembelajaran Bahasa. Bandung: PT remaja Rosda Karya.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT remaja Rosda Karya.
Manja Purnasari, Yessi Hartiwi, & Nurhayati Nurhayati. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language (UML). Resolusi Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi. https://doi.org/10.30865/resolusi.v2i6.416
Olujimi Daniel Alao, Ezihe Amarachi Priscilla, Ruth Chinkata Amanze, Shade Oluwakemi Kuyoro, & Adewale Olanrewaju Adebayo. (2022). User-Centered/User Experience Uc/Ux Design Thinking Approach for Designing a University Information Management System. Ingénierie Des Systèmes D Information. https://doi.org/10.18280/isi.270407
Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, & Shilka Dina Anwariya. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 3(1), 149–154. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542
Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Sumantri, R. B. B., Sandi, A. S., Triwibowo, D. N., & Widadi, B. (2023). Pelatihan peningkatan kemampuan pengelolaan blog sebagai media informasi smk negeri 1 kawunganten. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(1), 13-19.
Tazkiyah, S., & Arifin, A. (2022). Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Teknologi Terpadu, 8(2), 72–78. https://doi.org/10.54914/jtt.v8i2.513
Wardhanie, A. P., & Lebdaningrum, K. (2023). Pengenalan Aplikasi Desain Grafis Figma pada Siswa- Siswi Multimedia SMK PGRI 2 Sidoarjo (Introduction to the Figma Graphic Design Application for Multimedia Students at SMK PGRI 2 Sidoarjo). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.