Sosialisasi Struktur Pondasi Rumah Sederhana pada Lahan Gambut di Desa Bohusami Kecamatan Wanggarasi

Main Article Content

Rudi Rudi
Urfan Urfan
Fatmawati Fatmawati

Abstract

Lahan gambut memiliki kedudukan yang sangat penting di Indonesia namun membutuhkan usaha sangat serius serta modal besar untuk mengolahnya. Seiring bertambahnya jumlah penduduk maka lahan gambut yang rentan dengan resiko menjadi pemukiman. Pondasi yang kurang tepat pada tanah gambut akan menyebabkan dinding bangunan mengalami retak dan beberapa rumah terlihat telah terjadi penurunan yang menimbulkan keretakan pada lantai bangunan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan strukur pondasi rumah sederhana pada lahan gambut. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi struktur pondasi rumah sederhana pada lahan gambut, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan keseriusan dalam proses sosialisasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kegiatan sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rudi, R., Urfan, U., & Fatmawati, F. (2023). Sosialisasi Struktur Pondasi Rumah Sederhana pada Lahan Gambut di Desa Bohusami Kecamatan Wanggarasi . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2435
Section
Articles

References

Erlina, N. (2017). Analisis Pembangunan Canal Blocking Sebagai Solusi Pencegahan Kebakaran Lahan Gambut Di Desa Sungaitohor Kabupaten Kepulauan Meranti. JOM FISIP, 4 (2).

Jawat, I W. (2015). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi (Studi: Proyek Fave Hotel Kartika Plaza). Jurnal PADURAKSA, 4 (2).

Karundeng, A., H. Manalip dan Steenie E. W. (2021). Analisis Teoritis Struktur Perkuatan Pondasi Telapak pada Bangunan Gedung untuk Bangunan Alih Fungsi dengan Menggunakan SAP 2000. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 11(1).

Natanel, Martinus N., dan Adi R. (2023). Pemanfaatan Lahan Gambut Masyarakat Desa Pagar Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan. eJournal Pembangunan Sosial, 11 (1).

Ritung, S. dan Sukarman. (2014). Kesesuaian Lahan Gambut. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian.

Rusyanti. (2021). Umpak Batu: Jejak Konstruksi Bangunan Masa Lampau Di Lampung Barat. Jurnal Kindai Etam, 7 (1).

Sidiq, Rd. S. S. dan Rina S. (2022). Pemberdayaan Petani Lahan Gambut Berbasis Cyber Extension: Menuju Petani Berdaya Era Digital. Pustaka Aksara. Surabaya.

Sintyawati, L., Sigit W., Ahmad R. dan Agata I. C. (2018). Studi Perencanaan Struktur Pondasi Tiang Pancang Gedung Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Jurmateks, 1 (1).

Yanti, G., Shanti W. M., dan Zainuri. (2020). Penyuluhan Pondasi Bangunan pada Lahan Gambut. Jurnal Fleksibel, 1 (1).