Pembuatan Briket Di Desa Soginti, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato

Main Article Content

Rudi Rudi
Urfan Urfan
Sulfiani Sulfiani
Fatmawati Fatmawati
Bahtiar Hadjamati
Nurain Israfil

Abstract

Pembuatan briket adalah salah satu bentuk padat dari arang yang digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Proses pembuatan briket arang ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah biomasa secara efisien serta mengurangi penggunaan kayu bakar sebagai sumber energi.Penelitian ini mengevaluasi berbagai faktor yang mempergaruhi kualitas briket arang,seperti jenis bahan baku,komposisi pencampuran,tekanan pemadatan, dan temperatur pembakaran. Metode penelitian melibatkan pengumpulan bahan baku berupa limbah biomassa seperti batok kelapa.bahan baku kemudian dicampur dengan perekat seperti tepung kanji,air.campuran tersebut kemudian dipadatkan menggunakan mesin pencetak briket arang dengan tekanan tertentu untuk membentuk briket dengan ukuran dan kepadatan yang diinginkan.Selanjutnya briket arang dikeringkan dan diolah dengan proses pembakaran dalam tempat bara. Hasil penelitian menujukkan bahwa kualitas briket arang dipengaruhi oleh jenis bahan baku,komposisi pencampuran,tekanan pemadatan,dan temperatur pembakaran.Selain itu,proses pemadatan yang tepat juga tepat juga diperlukan untuk menghasilkan briket arang yang padat dan tahan lama.


Kesimpulannya,pembuatan briket arang merupakan proses yang kompleks yang memerlukan perhatian terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi kualitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rudi, R., Urfan, U., Sulfiani, S., Fatmawati, F., Bahtiar Hadjamati, & Nurain Israfil. (2024). Pembuatan Briket Di Desa Soginti, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 544–547. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i3.3641
Section
Articles