Peningkatan Rasa Percaya diri melalui Public Speaking

Main Article Content

Maya Kasmita
Muh. Rizal
Ririn Nurfaatirany Heri
St. Junaeda
Heri Tahir

Abstract

Saat ini, banyak bidang membutuhkan kemampuan berbicara di depan umum. Banyak perusahaan memprioritaskan karyawan yang memiliki kemampuan public speaking yang baik. Namun, banyak remaja, terutama siswa SMK Negeri 5 Makassar, belum memahami bagaimana berbicara di depan umum dengan baik. Oleh karena itu, workshop public speaking ini diharapkan dapat membantu remaja memahami bagaimana berbicara dengan baik di depan umum, terutama dalam hal presentasi. Siswa dan siswi dari sekolah menengah kejuruan (SMK) Kota Makassar berharap pelatihan ini akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari di perguruan tinggi dan di dunia kerja. Pemaparan materi dibagi menjadi dua bagian. Pada sesi pertama, dibahas pengertian public speaking dan keterampilan presentasi, tahapan presentasi, tujuan, dan jenis presentasi. Agar peserta tidak bosan, sesi game dilakukan sebelum sesi kedua. Pada sesi kedua, dibahas gaya presentasi, keuntungan, dan tip. Setelah sesi kedua, ada sesi game tebak gambar di mana peserta harus memilih salah satu kotak misteri dan secara spontan menceritakan gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kasmita, M. ., Muh. Rizal, Ririn Nurfaatirany Heri, St. Junaeda, & Heri Tahir. (2023). Peningkatan Rasa Percaya diri melalui Public Speaking. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 143–146. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2485
Section
Articles

References

Ahmad. 2021. Mengenal Apa Itu Public Speaking Dan Dasar- Dasarnya. Gramedia.

E, WIdiyono, Aryanto Y, Rochimansyah A, and U. Faizah. 2020. “Pelatihan Public Speaking Bagi Mahasiswa Dan Masyarakat Umum. Surya Abdima.” Surya Abdimas 4(2):79–84.

Girsang, Lasmery RM. 2018. “Public Speaking’ Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM Di SMA Kristoforus 2, Jakarta Barat).” Jurnal Pengabdian Kewirausahaan Vol.2(No. 2):81–85.

Napitupulu, Shely. 2021. “Public Speaking:Mengenal Arti, Metode, Manfaat, Dan Cara Meningkatkan Skillny.”

Tasya and Talitha. 2021. “Pengertian Soft Skill & Contoh Soft Skill.”

Wicaksono and Punto. 2021. “Contoh Pembukaan Dalam Public Speaking.”

Most read articles by the same author(s)