Pembuatan Gula Merah Nira Kelapa Sawit Di Desa Teluk Merbau, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak

Authors

  • Anjar Siti Mashitoh Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Edi Kurniawan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Meyci Trisna Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Nina Hartati Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.56799/joongki.v3i4.4829

Keywords:

nira kelapa sawit, gula merah, replanting, peremajaan

Abstract

Kelapa sawit adalah salah satu komoditas andalan bagi Kabupaten Siak. Desa yang dibentuk berdasarkan sistem Perkebunan Inti Rakyat (PIR) PT. Perkebunan Nusantara V Sei Buatan yang bergerak di bidang industry kelapa sawit di Kabupaten Siak adalah Desa Teluk Merbau. Saat ini perkebunan kelapa sawit di Desa Teluk Merbau sedang melaksanakan proses replanting atau peremajaan, yang pada prosesnya akan menghasilkan limbah. Hingga saat ini tidak semua limbah hasil proses peremajaan telah mengalami pengolahan. Diantara limbah yang dihasilkan dan memiliki potensi untuk diolah adalah nira kelapa sawit. Dengan tahapan proses yang sederhana diharapkan nira kelapa sawit dapat menjadi alternatif bahan baku pembuatan gula merah selain kelapa atau aren. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk daerah – daerah yang berada di sekitar perkebunan kelapa sawit dan jauh dari akses transportasi. Diharapkan juga setelah kegiatan pengabdian ini, masyarakat dapat menerapkan pengetahuan dan menambah pendapatan keluarga dengan usaha gula merah berbahan dasar nira kelapa sawit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Perkebunan Provinsi Riau. (2020). Statistik Perkebunan Provinsi Riau Tahun 2020. www.disbun.riau,go.id

Kosugi, A., Tanaka, R., Magara, K., Murata, Y., et.,al. (2010). Ethanol and lactic acid production using sap squeezed form oil palm thrunks felled for replanting. Journal of Bioscience and Bioengineering, 110(3), 322 – 325.

Maryuningsih, R.D., Nurtama, B., dan Wulandari, N. (2021). Pemanfaatan Karotenoid Minyak Sawit Merah untuk Mendukung Penanggulangan Masalah Kekurangan Vitamin A di Indonesia. Jurnal Pangan, 30(1), 65-74

Mori, Y. (2007). Old Oil Palm Trunks as Promissing Feedstock for Biofuel and Bioplastics. University of Science Malaysia and Forest Research Institute Malaysia, 4th BMWS 2007.

Yamada, H., Tanaka, R., Sulaiman., O, Hashim, R., Hamid, Z.A.A., Yahya, M., Kosugi, A., Arai, T., Murata, Y., Nirasawa, S., Yamamoto, K., Ohara, S., Yusof, M.N.M, Ibrahim, W.A., Mori, Y. (2010), Old Oil Palm Trunks: A Promissing Source of Sugar for Bioethanol Production. Biomass and Bioenergy. 34(11), 1608-1613.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Siti Mashitoh, A., Edi Kurniawan, Trisna, M., & Hartati, N. (2024). Pembuatan Gula Merah Nira Kelapa Sawit Di Desa Teluk Merbau, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 653–659. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i4.4829

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)