Pendekatan Konseling Individual Dalam Novel Surat - Surat Habel Dan Veronika Karya Ajen Angelina

Main Article Content

Nabila Sarah Setiawan
Adila Sandi Nurani
Eva Dwi Kurniawan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan konseling individual dalam novel Surat-Surat Habel damn Veronika karya Ajen Angelina. Dengan fokus pada karakter utama dan naratif yang kompleks, penelitian ini mengidentifikasi mengenai elemen-elemen konseling seperti pemahaman diri, penyelesaian konflik, dan pertumbuhan pribadi. Melalui analisis mendalam terhadap proses konseling yang tersirat dalam novel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan teori hermeneutika. Teknik pengumpulan data menggunakan baca catat, yaitu dengan membaca keseluruhan cerpen dan mencatat data yang relevan untuk dijadikan sebagai sumber data. Hasil penelitian ini tidak hanya memberikan perspektif baru terhadap konseling dalam konteks sastra, tetapi menyoroti potensi novel sebagai alat refleksi diri dan pertumbuhan psikologis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, N. S., Nurani, A. S., & Kurniawan, E. D. (2023). Pendekatan Konseling Individual Dalam Novel Surat - Surat Habel Dan Veronika Karya Ajen Angelina. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 274–279. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2578
Section
Articles

References

Angelina, Ajen. (2019). Surat-Surat Habel dan Veronika. Yogyakarta: Basabasi.

Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 30-40, DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953

Fatchurahman, M. (2018). Problematik pelaksanaan konseling individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25-30.

Putri E.I, Sesmiarni Zulfani, Rahmi Alfi. (2021). Efektivitas Konseling Individual Melalui Pendekatan Konseling Rasional Emotive Dalam Mengatasi Kecemasan. Sumatera Utara, Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan. Vol 8, No 01, 19-34.

Purwanti, S., Utami, S. W., & Latifah, L. (2022). Konseling Sebaya Pada Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 47-55.

Purwoko, Budi. (2020). Pendekatan Konseling. Purwokerto Selatan: CV Pena Persada.

Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Deepublish.