Desain Infrastruktrur Jaringan Inter-Vlan dengan Keamanan Port Security dan Secure Shell Berbasis Protocol Open Short Path First

Authors

  • Yoga Bayu Setiawan Universitas Tidar
  • Ibrahim Nawawi Universitas Tidar
  • Deria Pravitasari Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1212

Keywords:

InterVLAN, VLAN, Secure Shell, Open Short Path First, Spanning-tree

Abstract

Perencanaan infrastruktur jaringan komputer suatu instansi harus dilakukan secara efisien yang dilakukan dengan mengganti kabel menjadi wireless distribution system (WDS). Selain efisiensi transmisi data, keamanan data juga penting untuk diperhatikan terutama di lingkungan kampus. Jaringan kampus menghadapi banyak tantangan mulai dari alokasi alamat IP, kegagalan fungsi jaringan, pengguna sistem yang tidak bertanggungjawab, jaringan yang lambat, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan teknik InterVLAN untuk mengkomunikasikan antar VLAN dengan keamanan Secure Shell berbasis Open Short Path First. Tingkat keberhasilan dalam pengiriman data dengan menggunakan InterVLAN berbasis Open Short Path First sebesar 100%, tidak ada paket data yang hilang atau packet loss, data yang dikirimkan dengan menggunakan metode tersebut dapat dikirim meskipun dengan VLAN yang berbeda, dan dengan jumlah paket data yang dikirimkan dalam skala besar. Metode port security dan secure shell digunakan untuk mengamankan paket data, dengan cara memblock mac-address yang tidak terdaftar pada mac-address tabel, paket data yang mac-address yang tidak terdaftar pada mac-address tabel tidak akan sampai pada tujuan, sedangkan secure shell bertujuan untuk mengetahui ketersediaan layanan remote access dari perangkat jaringan pada saat akan digunakan Jika ketika menginput username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya pada konfigurasi salah, maka tidak dapat mengakses perangkat tersebut. Spanning-tree digunakan untuk mencegah terjadi looping atau tabrakan antar data dengan membuat jalur cadangan apabila salah satu jalur mati atau terputus. Hasil perhitungan anggaran sesuai dengan perencanaan didapat total pengeluaran biaya yang dibutuhkanvsebesar Rp 597.720.000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Hendri Ardiansyah, H. Y., 2021. Perancangan Jaringan Intervlan Routing Dan Penerapan Acls Pada Pt.Sinar Alam Permai Dengan Simulasi Menggunakan Packet Tracer. Seminar Hasil Penelitian Vokasi (Semhavok).

Adi Sopian, K. K. I. D. P. G., 2022. Perancangan Jaringan Virtual Lan Menggunakan Metode Protokol Peer-Vlan Spanning Tree. Jurnal Elektro & Informatika Swadharma (Jeis).

Adia Pratama Nugraha Permana, R. F., 2018. Distribusi Jaringan Menggunakan Routing Ospf Dengan Metode Redistribution. Simetris.

Ahmad, A. N., 2020. Design And Implementation Of Network Security Using Inter- Vlan-Routing And Dhcp. Asian Journal Of Applied Science And Technology, Volume 4, Pp. 37-44.

Ahmad, S. P., 2021. Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Fiber Optic Dengan Metode Network Develpoment Life Cycle (Ndlc). E-Proceeding Of Engineering, Volume 8, Pp. 12066 - 12079.

Badia Raja, L. S., 2017. Kualitas Jaringan Pada Jaringan Virtual Local Area Network (Vlan) Yang Menerapkan Linux Terminal Server Project (Ltsp). Pinter.

Givy Devira Ramady, R. H. A. A. G. M. W. H., 2019. Optimizing Wireless Distribution System Network Infrastructure in Hybrid Topology using PCQ Method. Journal of Physics: Conference Series.

S.Somasundaram, M., 2018. A Simulation based study on Network Architecture Using Inter-VLAN Routing and Secure Campus Area Network (CAN). International Journal of Computer Sciences and Engineering.

Sutanto, P. H., 2018. Perancangan Virtual Local Area Network Berbasis VTP Dan Inter-Vlan Routing. Jurnal Teknik Komputer

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Yoga Bayu Setiawan, Ibrahim Nawawi, & Deria Pravitasari. (2022). Desain Infrastruktrur Jaringan Inter-Vlan dengan Keamanan Port Security dan Secure Shell Berbasis Protocol Open Short Path First. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 250–258. https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1212

Issue

Section

Articles