Implementasi Klampid New Generation dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Klampis Ngasem Kota Surabaya

Authors

  • Alvianty Diana Putri
  • Muhammad Roisul Basyar

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1329

Keywords:

E-Government, Pelayanan Publik, Klampid New Generation, Administrasi Kependudukan

Abstract

Perwujudan fungsi aparatur negara dalam mengabdi kepada masyarakat merupakan pengertian dari pelayanan publik. Pelayanan publik yang dimaksudkan sebagai bentuk untuk mensejah terahkan rakyat. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kpendudukan dan Pencatatan Sipil membuat suatu trobosan yang dinamakan Klampid New Generation guna untuk mempermudah menyatukan segala aspek bidang administrasi kependudukan bagi warga Surabaya. Dengan munculnya aplikasi Klampid New Genefration ini dapat memenuhi layana publik di bidang pelayanan kependudukan hanya dalam satu layanan aplikasi saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi e-government di bidang pelayanan publik dengan menggunakan aplikasi Klampid New Generation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tiipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terkait dengan adanya aplikasi KNG ini telah menunjukan implementasi Electronic Government yang mendapat respon baik dari masyarakat apalagi di pada saat ini pemerintah Kota Surabaya gencar melaksanakan program kalimasada guna terciptanya lingkungabn masyarakat yang sadar akan pentingnya pembaharuan dokumen kependudukan.  Penerapan aplikasi Klamnpid New Generation ini diharapkan dapat memaksimalkan pentingnya membantu mengelola pelayanan bidang pelayanan administrasi kependudukan, serta mengembangkannya secara lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto. (2011). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Herdiansyah. (2011). “Kualitas Pelayanan Publik.” Yogyakarta : Gaya Media.

Inayati I, & W. (2019). Faktor-Faktor Kematangan Implementasi e-gvernment yang berorientasi kepada masyarakat. Jurnal Teknologi Sistem Informasi.

Indrajit, R. E. (2002). Membangun Aplikasi E-Government. PT Elek Media Komputindo.

Kadir, Y. dan M. B. (2020). Pencegahan Potensi Tindak Pidana Korupsi Di Lingkungan Pemerintah Daerah. Indonesia Journal of Criminal Law, 2(2), 153–161.

Moleong, J. L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Bogor: Ghalia Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan., 3 5 (2006).

Sosiawan, E. A. (2008). TantanganDan Hambatan Dalam Implementasi E-Government Di Indonesia. Semiar Nasional Informatika, 99–108.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Administrasi Kependudukan, Kementerian.

Walikota Surabaya. (2019). Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Sekretariat Daerah Kota Surabaya, 1965.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Alvianty Diana Putri, & Muhammad Roisul Basyar. (2023). Implementasi Klampid New Generation dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Klampis Ngasem Kota Surabaya. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 694–701. https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1329

Issue

Section

Articles