Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya

Authors

  • Nisa Dwi Arini
  • Yusuf Hariyoko

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1331

Keywords:

Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Klampid New Generation

Abstract

Salah satu tugas pokok terpenting pemerintah adalah memberikan pelayanan publik. Adanya inovasi pelayanan publik dapat membuat pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien, masyarakat juga dapat lebih cepat dalam diberikan pelayanan. Pemerintah Kota Surabaya membuat program guna memberikan kesadaran bagi masyarakat akan dokumen kependudukan, program tersebut yakni KALIMASADA. Klampid New Generation  merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Surabaya guna membantu pemerintah Kota Surabaya dalam pengurusan administrasi kependudukan. terdapat berbagai jenis permohonan yang dapat diajukan melalui aplikasi KNG. Dengan adanya pembaruan ini guna untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi kependudukan. Dengan adanya program ini juga mendekatkan masyarakat dengan pemerintahan karena pelayanan ini juga dapat di lakukan di lingkungan RT. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi oleh petugas kelurahan guna pengoptimalisasian program Kawasan Lingkungan Sadar Administrasi Kependudukan KALIMASADA. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif yang mana bersifat deskriptif dan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat berbagai jenis pelayanan yang dilaksanakan seperti pengajuan KK, KTP, Akta Kelahiran, Akta kematian. Selain itu juga memberikan pelatihan kepada RT Kalimasada terkait aplikasi KNG, pelatihan ini agar RT Kalimasada dapat membantu warga dalam pengurusan dokumen kependudukan sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sadar administrasi kependudukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariska Tri Viky Andani, Endah Setyowati, Fadillah Amin. (2019). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) Implementasi Program Pelayanan One Day Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Badan Pertahanan Nasional Kota. 5(3), 328–336.

Izzati, B. M. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Publik E-Government (Government To Citizen) Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus: Kota Surabaya). 227.

Maryam, neneng siti. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Mirnasari, R. M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. 1, 71–84.

Prima, P., Pandemi, M., & Di, C. (2015). Program Klampid Sebagai Perwujudan.

Putra, R. M. D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E-Health di Kota Surabaya).

Rizka Nur Lailatul. (2022). Pengoptimalan Layanan Administrasi Kependudukan Dengan Penggunaan E-Klampid Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kelurahan Dr. Soetomo. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 2875–2879.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Nisa Dwi Arini, & Yusuf Hariyoko. (2023). Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 713–718. https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1331

Issue

Section

Articles