Pengaruh Media Permainan Puzzel Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di Paud Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten Oki 2021/2022

Authors

  • Indah Sari UIN Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti UIN Raden Fatah Palembang
  • Kurnia Dewi UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh media permainan puzzel terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di PAUD Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI 2021/2022”. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adakah Pengaruh media permainan puzzel terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di PAUD Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI 2021/2022. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh media permainan puzzel terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di PAUD Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Pre-Ekxperimental dengan desain One Goup Pretest-Posttest (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran dengan media permainan puzzel, observasi digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treathment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian diperoleh thitung  = 1,9607816313 sedangkan dk = 15+15-2 = 28 dengan taraf nyata 5% sehingga didapt ttabel = 1,70329 karena thitung = 1,9607816313 > ttabel  maka dapat disimpulkan  Ho di tolak artinya ada pengaruh media permainan puzzel terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di PAUD Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI 2021/2022

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2006. metodelogi penelitian. bina aksara. yogyakarta.

Buhano Agung Nugroho, 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPPS, Yogyakarta: Andi.

Devi Bryan Candra Alifah, Sripsi, Pengaruh Media Jigsaw Puzzel Terhadap kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Angkasa Pekanbaru, (Pekanbaru, 20 April 2021).

Emzir, 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok : PT RajaGrafindo Persada.

Fatmawati Nia, Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education, Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 2014, Volume 8 Edisi 2.

Guslinda Rita Kurnia, 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.Surabaya: Jakad Publishing.

Hasbi Ash-Shiddieqy,. 2018. Sejarah dan Pengantar Al-Qur‟an/ Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang.

Hasnida, 2015. Media Pembelajaran Kreatif, Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Holiwarni Betty, Pengembangan Media PembelajaranBerbantukanKomputer (Computer Assisted Instruction/Cia) untukPembelajaran Kimia, Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 9 No. 1.

Indriana Dina, 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press Anggota IKAPI.

Ismail Andang, 2011. Education Games, Jogjakarta: Pro U Media.

Iswinarti, 2017. Permainan Tradisional:Prosedur dan Analisi Manfaat Psikologis, Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.

Khadijah, 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.

Latif Mukhtar, 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Mursal aziz & Nasution Zulkipli, 2020. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an : Memaksimalkan Pendidikan islam Melalui Al-qur’an, Medan : CV Pusdikra MJ.

Meity H. Idris, 2015. Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan, Jakarta: Luxima Metro Media.

Nanda Herlina Mutia dkk, Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf, Jurnal JJP PAUD, 2018, Volume 5, Edisi 1.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rani Yuliani ,2008. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak, Jakarta: Laskar Askara.

Susanto Hugroho, 2017. Hakikat Dan Signifikan Permainan, jurnal Jendela Olahraga, vol.2.

Suryani Nunuk, dkk, 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sani Ridwan Abdullah. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto Suyanto, 2016. Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Pada Penelitian Tindakan, Klaten Selatan: Boss Script.

Suryadi Dahlia, 2015. Implementasi dan InovasiKurikulum PAUD 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunarti, 2005. Ajarkan Anak Ketrampilan Hidup Sejak Dini, Jakarta : Alex Komputindo.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Syafruddin Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina, 2009. Perencanaan dan Desain SistemPembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.

Sujiono Nurani Yuliani, 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.

Sudono Anggani, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Thiharso Agung, 2013. Permainan Kreatif Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Yus Anita, 2011. Penilaian Perkebangan Belajar Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yulianti Dwi, 2011. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kana-kanak. Jakarta : PT Indeks.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Indah Sari, Mardiah Astuti, & Kurnia Dewi. (2022). Pengaruh Media Permainan Puzzel Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di Paud Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten Oki 2021/2022. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 615–625. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/159

Issue

Section

Articles