Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Insan Cendekia

Authors

  • Ida Laila Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta
  • Safitri Safitri Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta
  • Nur Hasyikin Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta
  • Faelasup Faelasup Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i8.4035

Keywords:

Manajemen Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas 1) bagaimana implementasi manajemen pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia. Penelitian ini  memuat jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia dilihat dari dua ruang lingkup pengelolahan kelas yaitu pengelolahan kelas secara fisik dan secara non fisik. Pengelolahan kelas secara fisik yang dilakukan di MTs Insan Cendekia adalah dengan menyusun tempat duduk siswa dan guru, memberikan pencahayaan serta udara segar masuk kedalam ruang kelas dengan membuka jendela, memperindah ruangkelas dengan meletakan hiasan dinding, serta membersikan ruangan kelas setiap hari sesuai jadwal yang telah diberikan. Sedangkan pengelolahan kelas secara non fisik yang dilakukan guru MTs Insan Cendekia adalah dengan menjalin hubungan baik dengan siswa siswi, pada saat pembelajaran guru juga menyelipkan beberapa candaaan serta hiburan, mengajar dengan menggunakan suara yang tegas, jelas, intonasi yang sesuai serta bahasa tubuh, dan  pembagian waktu atau manajemen waktu  yang baik. Begitupula ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengelolahan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Insan Cendekia adalah 1) Kualitas dan kompetensi guru, 2) Lingkungan fisik kelas, 3) Pendekatan Individual, dan 4) Program Ekstrakulikuler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, E., Rokmanah, S., & Fitriyanani, N. K. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik SD Negeri Babakan Tigaraksa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6129–6139.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Dhuhani, E. M. (2017). Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (Mit) As-Salam Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167–189.

Fitriana, A. N., & Al, E. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(2), 97–105.

Masfufah, E., & et al. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Journal of Student Research, 1(1), 215–230.

Maylitha, E., & Al, E. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Peran Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa, 5(2), 2184–2194.

Miatu, H. E. S. (2023). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal Ilmiah, 7(1).

Wada, F. H., & et al. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Laila, I., Safitri, S., Hasyikin, N., & Faelasup, F. (2024). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Insan Cendekia. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 149–155. https://doi.org/10.56799/jim.v3i8.4035

Issue

Section

Articles