Implementasi Program Training Dakwah dalam Peningkatan Pengetahuan Islam Santri di Pondok Pesantren Ibnu Sina Sangatta Utara

Authors

  • Tiara Saraswati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta
  • Muhammad Efendi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta
  • Faelasup Faelasup Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i8.4061

Keywords:

Training, Pengetahuan, Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi program Training Dakwah dalam meningkatkan pengetahuan Islam santri di Pondok Pesantren Ibnu Sina Sangatta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang memungkinkan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti. Pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk menjelajahi kompleksitas implementasi program Training Dakwah serta dampaknya terhadap pengetahuan Islam santri secara holistik. Penelitian ini akan melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pengurus pesantren, guru, dan santri, serta analisis dokumen terkait program training dakwah dan kurikulum pesantren. Data akan dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran, interaksi antara guru dan santri, serta kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan pengembangan training dakwah. Wawancara mendalam akan dilakukan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang persepsi dan pengalaman peserta terkait dengan program ini. Analisis dokumen akan mencakup penelusuran terhadap dokumen resmi pesantren, seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Data yang terkumpul akan dianalisis secara tematik, dengan mengidentifikasi pola-pola, tema-tema, dan hubungan antar konsep yang muncul dari hasil observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil analisis akan disajikan secara deskriptif, menggambarkan proses implementasi program training dakwah, faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap peningkatan pengetahuan Islam santri di Pondok Pesantren Ibnu Sina Sangatta Utara. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan program training dakwah di pesantren lain serta menyediakan wawasan bagi lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan efektivitas pendidikan agama dan pengembangan karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. Z. (2020). Manajemen Pelatihan Dakwah Santri Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Devi, A. D. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 963–971.

Herlitasari, I., Maufur, M., & Indra, S. (2020). Manajemen Pembinaan Santri Melalui Kegiatan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Al-Umm Aswaja Ciawi Bogor. Tadbir Muwahhid, 4(2), 161–182.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Insight Mediatama.

Nadziroh, L. (2023). Strategi Pembinaan Santri Waria Di Pondok Pesantren Al-Fatah Yogyakarta. Iain Salatiga.

Rifqi, M. A. (2022). Manajemen Pelatihan Dakwah Bagi Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Muhajirun Natar Kabupaten Lampung Selatan. Uin Raden Intan Lampung.

Rizki, M., & Ma’arif, B. S. (2022). Pengaruh Aktivitas Dakwah Bobotoh Taqwa Dalam Meningkatkan Keshalehan Sosial. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 6–9.

Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70.

Tubagus, E. D. Y. S. (2020). Aktivitas Dakwah Unit Kegiatan Mahasiswa Permata Sholawat Melalui Gerakan Gemar Bershalawat Dalam Syiar Dakwah Di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Saraswati, T., Efendi, M., & Faelasup, F. (2024). Implementasi Program Training Dakwah dalam Peningkatan Pengetahuan Islam Santri di Pondok Pesantren Ibnu Sina Sangatta Utara. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 88–95. https://doi.org/10.56799/jim.v3i8.4061

Issue

Section

Articles