Grand Design Pendidikan Nilai Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam (Grand Design Education Values In The Perspective Of Islamic Religious Education)

Authors

  • Farhan Adli IAIN Salatiga
  • Muhammad Iksan IAIN Salatiga
  • Muhammad Nur Fadkhurohmad IAIN Salatiga
  • Atik Dwi Lestari IAIN Salatiga
  • Mukh Nursikin IAIN Salatiga

Keywords:

Grand design, Pendidikan Nilai, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Grand Design Pendidikan Nilai (Karakter) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam sebagai tawaran baru dalam membentuk karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan menggunakan Metode pengumpulan data yang digunakan adalah library research, melalui jurnal, buku, e-book, internet yang memuat tema pokok dari penulisan artikel ini. Dalam analisisnya, dilakukan dengan me-review, mengurutkan, mengelompokkan, dan mengkategorikan data untuk pemahaman yang utuh tentang Grand Design Pendidikan Nilai (Karakter) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penulisan artikel adanya tawaran solusi sebagai grand design dari pendidikan nilai dalam perspektif pendidikan agama Islam. Adapun tawarannya adalah Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran PAI, Bekerjasama dengan Masyarakat Luas Sebagai Langkah Pencegahan dan Mengintegrasikan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PAI: Sebuah Analisis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Nanang. 2019. Gramd Design Pendidikan Karakter Menuju Kecerdasan Emosional Spiritual. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol. 12. No. 1. hlm. 40.

Haryanto, Hendrix Chris. 2016. Apa Manfaat dari Agama? (Studi Pada Masyarakat Beragama Islam di Jakarta). Jurnal Insight. Vol. XIII. No. 1. hlm. 20.

Ilham, Dodi. 2019. Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kependidikan. Vol. 8. No. 3. hlm. 119.

Jamal, Misbahuddin. 2011. Konsep Islam Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Ulum. Vol. 11. No. 2. hlm. 287.

Khotimah. 2014. Agama dan Civil Society. Jurnal Ushuluddin. Vol. XXI. No. 1. 121.

Manan, Syaepul. 2017. Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. Vol. 15. No. 1. hlm. 52

Miskahuddin. 2017. Konsep Agama Menurut Al-Qur’an. Jurnal Al-Mu’ashirah. Vol. 14. No. 1. hlm 64.

Mulyadi. 2018. Konsep Islam Dalam Al-Qur’an Perspektif Tekstual dan Kontekstual. Jurnal Studi Islam. Vol. 5. No. 1. hlm 9.

Sodikin. 2003. Konsep Agama dan Islam. Jurnal Al-Qalam. Vol 20. No. 7. hlm. 2-3.

Sumiati, Tuti. 2011. Problematika Pendidikan di Indonesia dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Statement. Vol. 1. No. 1. hlm. 43.

Zaman, Badrus. 2018. Pembinaan Karakter Siswa Melalui Model Pelaksanaan Shalat Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan-Tamaddun. Vol. 18. No. 2. hlm. 7.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Predana Media Group. hlm. 2

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Farhan Adli, Iksan, M. ., Muhammad Nur Fadkhurohmad, Atik Dwi Lestari, & Mukh Nursikin. (2022). Grand Design Pendidikan Nilai Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam (Grand Design Education Values In The Perspective Of Islamic Religious Education). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2226–2232. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/499

Issue

Section

Articles