Pengaruh Media Tangram Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kusuma Perumnas Talang Kelapa

Authors

  • Winda Siptiani Universitas PGRI Palembang
  • Santa Idayana Sinaga Universitas PGRI Palembang
  • Susun Nayati Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Perkembangan Motorik, Motorik Kasar, Permainan Kelereng

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Tangram Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kusuma Perumnas Talang Kelapa Palembang”. Jenis Penelitian ini adalah pre-eksperimental Desiqn One Group Pre Test-Posst Test (satu kelompok). Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh media tangram terhadap kreativitas anak. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B yang ada di TK Kusuma Perumnas Talang Kelapa Palembang yang berjumlah 15 anak 8 anak laku-laki dan 7 anak perempuan. Cara pengempulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan analisis data uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dan pembahasaan rata-rata nilai  posttest anak yang menggunakan media tangram adalah 84 sedangkan nilai pretest yang tidak menggunakan treatment media tangram adalah 58. Prolehan tersebut diperkuat oleh berdasrkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung= 14,85  sedangkan dk = 15-1=14 dengan taraf nyata 5% ( sehingga didapat ttable=1,7613 maka kesimpulannya hipotesis nihil (Ho) ditolak dn Hipotesis arternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh media tangram terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Kusuma Perumnas Talang Kelapa Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, & Khadijah. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak usia Dini. Jakarta: Kencana.

Anggraini, V., Yulsyofriend, & Yeni, I. (2019). STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI LAGU KREASI MINANGKABAU PADA ANAK USIA DINI. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 73-84.

Archoni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Euis, K. (2016). Permainan Tradisional. Jakarta: Pramedia Group.

FE, E. (2017). Olahraga dan Permainan Tradisional. Jogjakarta: Laksana.

Mulyani. (2013). Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langengsari Publishing.

Purnama. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

R, & Hurlock. (2016). Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darrussalam Press Lampung.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1011-1020.

Sadiyah, D. K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Kelereng di PAUD Yasmin Tahun Pelajaran 2016-2017. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

Sinaga, R. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK Puteri Sion Medan. Doctoral dissertation, UNIMED.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Veronica, N. (2018). PERMAINAN EDUKATIF DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 49-55.

Veryawan, & Hasibuan, R. H. ( 2022). Permainan Lari Kelereng : Pembentukan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 51-58.

Wulansari, I., Mulyana, E., & Santana, F. D. (2020). PEMBELAJARAN MEDIA VISUAL PERMAINAN KELERENG ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK B. , 4(1), . CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 101-105.

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Winda Siptiani, Santa Idayana Sinaga, & Susun Nayati. (2022). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kusuma Perumnas Talang Kelapa. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3003–3009. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/697

Issue

Section

Articles