Penerapan Model Green School Dalam Rangka Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan di SMA Negeri 12 Bone

Main Article Content

Muhammad Syukur
Jumadi Jumadi
Bahri Bahri
Nurlela Nurlela
Andi Dewi Riang Tati
St.Junaeda St.Junaeda
Rasyid Ridha

Abstract

Permasalahan program green school yang dilaksanakan disekolah belum diintegrasikan dalam kurikulum di sekolah. Rendahnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya gaya hidup berkelanjutan menjadi faktor mewujudkan go green di sekolah sangat sulit. Pengabdian ini diharapkan menjadi salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sosialisasi berbagai kegiatan yang dapat mendukung go green school di SMA Negeri 12 Bone diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik sehingga gaya hidup berkelanjutan dapat diwujudkan. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa karakter peserta didik dan guru di SMA Negeri 12 Bone dalam mendukung gaya hidup berkelanjutan sudah nampak pada berbagai kegiatan, baik kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bone maupun kegiatan yang dilaksanakan dengan melibatkan semua unsur di SMA Negeri 12 Bone, orang tua peserta didik maupun masyarakat sekitar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhammad Syukur, Jumadi, J., Bahri, B., Nurlela, N., Andi Dewi Riang Tati, St.Junaeda, S., & Rasyid Ridha. (2023). Penerapan Model Green School Dalam Rangka Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan di SMA Negeri 12 Bone . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 422–427. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1713
Section
Articles

References

Akib, Muhaiminah, Irnawati Irnawati, and Ibrahim Ibrahim. 2019. “Seminar Greenschool: Sekolah Peduli Lingkungan Hijau Untuk Siswa SMA/SMK Dan SMP.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 1(2):1–5.

Hapsoro, Nur Arief, and Kresensia Bangun. 2020. “Perkembangan Pembangunan Berkelanjutan Dilihat dari Aspek Ekonomi di Indonesia.” Lakar: Jurnal Arsitektur 3(2):88–96.

Kurniati, Agusta, Lusila Parida, and Hendrikus Hendrikus. 2022. “Literasi Lingkungan Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.” JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat 1(1):21–26.

Muhammad, Syukur. 2016. “Adaptasi Sosial Petani Tadah Hujan Terhadap Perubahan Iklim (Studi Kasus pada Petani Tadah Hujan di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone).” Predestinasi 9(2):100–114.

Nasir, Muhammad. 2014. “Peranan Pendidikan Islam dalam Pelestarian Nilai-Nilai Agama pada Siswa MI Taipa Tinggia Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.”

Ngabidin, Minhajul. 2020. Budaya Mutu Wujudkan Sekolah Unggul: Kumpulan Praktik Baik Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Di Satuan Pendidikan. Penerbit Andi.

Pertiwi, Nurlita. 2020. “Prodiding Seminar Nasional Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup ‘Aplikasi Kajian Multidisiplin Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Menuju Era 5.0.’”

Saadati, Baiq Arnika, and Muhamad Sadli. 2019. “Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6(2):151–64.

Sains, Pengantar Falsafah, Ir Rudy C. Tarumingkeng, Zahrial Coto, and Ir Hardjanto. 2004. “Konsep Pembangunan Berkelanjutan.”

Syukur, Muhammad. 2020. “Resiprositas dalam Daur Kehidupan Masyarakat Bugis.” Jurnal Neo Societal; Vol 5(2).

Yunus, Maya, and Margono Mitrohardjono. 2019. “Pengembangan Program Peduli Lingkungan Hidup (Green School) Pada SMP Islam Plus Baitul Maal.” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 4(2):95–102.

Most read articles by the same author(s)