Penyuluhan Prosedur Operasional Standar Dalam Upaya Pencegahan Resiko Negatif Pada Kegiatan Kemahasiswaan

Main Article Content

Muhammad Aswan
Achmad Achmad
Aslinda Aslinda
Ririn Nurfaathirany Heri
Andi Dewi Riang Tati

Abstract

Mahasiswa merupakan generasi muda penerus bangsa yang kritis dan inovatif. Sejarah membuktikan bahwa peran mahasiswa dalam dunia internasional maupun nasional dalam proses berbangsa dan bernegara memiliki peran yang dominan. Melalui Kegiatan Kemahasiswaan yang di laksanakan oleh Organisasi Mahasiswa, kemandirian dan nalar berfikir kritis dibentuk. Kegiatan kemahasisaan yang bertujuan positif, memiliki resiko-resiko dalam pelaksanaannya, sehingga sangat penting untuk melakukan kegiatan penyuluhan terkait prosedur operasional standar dalam pelaksanannya sebagai upaya pencegahan ketidak sesuaian tujuan dan meminimalisisr resiko negatif yang akan terjadi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah Participatory Action Research, metode ini digunakan tidak lepas karena subjek dari pengabdian ini adalah mahasiswa/lembaga kemahasiswaan sebagai fasilitator perubahan bangsa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan sukses dengan mebahas materi terkait perkembangan gerakan kemahasiswaan,  Kegiatan kemahasiswaan berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 1831/UN4.1./KEP/2018, serta prosedur operasional standar dalam pelaksanan kegiatan kemahasiswaan  sebagai upaya pencegahan ketidak sesuaian tujuan dan meminimalisisr resiko negatif yang akan terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhammad Aswan, Achmad, A., Aslinda, A., Ririn Nurfaathirany Heri, & Andi Dewi Riang Tati. (2023). Penyuluhan Prosedur Operasional Standar Dalam Upaya Pencegahan Resiko Negatif Pada Kegiatan Kemahasiswaan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 147–151. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2495
Section
Articles

References

Nasution Zulkarnain, (1990). Prinsip-prinsip Komunikasi Untuk Penyuluhan. Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Philip G. Altbach, (1988). Politik dan Mahasiswa. Jakarta. PTGramedia

Supriyanto, A. (2016). Manajemen Perubahan. Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Winardi, J. (2008). Manajemen Perubahan (The Management Of Change). Jakarta. Kencana.

Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 1595/UN4/05.10/2013 tentang Ketentuan Tata Tertib Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 1831/UN4.1./KEP/2018 tentang Organisasi Kemahasiswaan.

Most read articles by the same author(s)