Peningkatan Penguasaan Guru di Sulawesi Barat Pada Kompetensi Dasar Peran Tokoh Nasional Daerah Memperjuangkan Kemerdekaan

Main Article Content

Bahri Bahri
Andi Dewi Riang Tati
Asmunandar Asmunandar
Khaeruddin Khaeruddin
Ahmad Subair
Andi Dody May Putra Agustang
Ibrahim Arifin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab renndahnya penguasaan guru-guru sejarah di Propinsi Sulawesi Barat pada kompetensi dasar peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan kemerdekaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi karena guru tidak mampu menjelaskan secara kronolis peristiwa yang terjadi dalam upaya mempertahankan kemerdekaan, termasuk peristiwa dalam tingkat lokal. Penyebab lainnya adalah guru belum mengintegrasikan sejarah lokal dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya perlakukan, guru yang menguasai kompetensi tersebut adalah 42%, sedangka setelah diadakannya perlakuan adalah 84,5%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bahri, B., Andi Dewi Riang Tati, Asmunandar, A., Khaeruddin, K., Ahmad Subair, Andi Dody May Putra Agustang, & Ibrahim Arifin. (2023). Peningkatan Penguasaan Guru di Sulawesi Barat Pada Kompetensi Dasar Peran Tokoh Nasional Daerah Memperjuangkan Kemerdekaan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 355–362. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1644
Section
Articles

References

Bagou, Dewi Yulmasita, and Arifin Suking. 2020. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 122–30.

Febriana, Rina. 2021. Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Hatta, Muhammad. 2018. “Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru.”

Hsb, Abd Aziz. 2018. “Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah.”

Jamin, Hanifuddin. 2018. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 19–36.

Kadir, Abdul. 2013. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.” Dinamika Ilmu.

Mulyasa, E. 2008. “Standar Kompetensi Dart Sertifikasi Guru, PT.” Remaja RosdaKarya: Bandung.

Muslich, Masnur. 2022. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Novauli, Feralys. 2015. “Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh.” Jurnal Administrasi Pendidikan 3(1):45–67.

Sanusi, Hary Priatna. 2013. “Peran Guru PAI Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 11(2):143–53.

Sumarto, Sumarto. 2016. “Tugas Profesional Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 1(02):168–87.

Most read articles by the same author(s)