Pendidikan Seks pada Anak Melalui Media Bernyanyi

Authors

  • Elin Fadilah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Sindi Aulia Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Desvi Wahyuni Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2601

Keywords:

Pendidikan Seks, Anak, Bernyanyi

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana cara meningkatkan pengetahuan seks pada anak usia 5-6 tahun  melalui metode bernyanyi. Pengetahuan seks sangat penting untuk dikenalkan dan diajarkan pada anak sejak dini. Berdasarkan masalah mengenai rendahnya pengetahuan seks anak mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan seks dalam proses pembelajaran melalui metode bernyanyi. Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan ada beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tahapan tersebut menjadi satu siklus penelitian dan apabila hasil dari satu siklus belum mencapai standar keberhasilan yang ditentukan maka dilakukan kembali tindakan lanjutan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada pengetahuan seks anak melalui penggunaan metode bernyanyi yang dilaksanakan dengan cara memberikan lagu atau nyanyian tentang pengetahuan seks mengenai aspek bagian-bagian tubuh, identitas seksual, bagian privasi tubuh, kesehatan organ reproduksi, dan keselamatan diri dari perilaku.Dengan demikian persentase telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan, maka penelitian tindakan tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qudsy, H. (2012). Ketika Anak Bertanya Tentang Seks: Panduan Islami Bagi Orang Tua Mendampingi Anak Tumbuh. Solo: Tinta Medina.

Anwar. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Alfabeta.

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. JUrnal Care Children Advisory Ressearch and Education, 8(2).

Hasanah, A. (2021). Introducing Sex Education To Children Through Pictures And Singing. Journal Islamic Early Childhood Education, 6(1).

Herlambang. (2016). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Multiperspektif. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Kurniawati, R. A. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Jurnal Kumbara Cendekia, 8(3).

Rahmasari, R. (2023). Penerapan Pendidikan Seksual Dini Berbasis Media Digital Audio Visual Melalui Lagu Kujaga Tubuhku. Jurnal Obesesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Sabani. (2022). Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Lagu. Elementary: jurnal Ilmiah, 4(2).

Sinombor, S. H. (2023, November 30). Komitmen Pemerintah Melindungi Anak-anak Dinanti. Kompas.id.

Wulandari, M. S. (2022). Mengapa Tubuhku dan Tubuhnya Berbeda. Yogyakarta: Laksana.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Fadilah, E., Aulia, S., & Wahyuni, D. (2023). Pendidikan Seks pada Anak Melalui Media Bernyanyi. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 308–315. https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2601

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)