PELATIHAN PUBLIC SPEAKING MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI DAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TELKOM MAKASSAR

Main Article Content

Maya Kasmita
Ririn Nurfaathirany Hery
Rohmah Rifani
Muh. Rizal S
Asmunandar Asmunandar
Muhammad Aswan
Firman Umar

Abstract

Kemampuan berbicara didepan umum sangat bemanfaat bagi anak-anak, dalam masa perkembangan anak di usia Sekolah Menengah pertama (SMP). Secara keilmuan, public speaking merupakan bagian dari ilmu komunikasi, kemampuan berbicara didepan public sangat mutlak. Kemampuan berbicara adalah dasar kesuksesan setiap orang. Seorang public speaker dalam perannya memberikan pengaruh dan mafaat bagi orang lain. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalagh untuk memberikan bekal keilmuan dengan membangun kepercayaan diri serta kemampuan dalam berkomunikasi dan memiliki penampilan yang menarik pada saat berbicara bagi sisa SMP Telkom Kota Makassar. Metode pelaksanaan pengabdian yang dilakuka pada program pengabdian kepada masyarakat ini betujuan agar terciptanya kreativitas dan kemampuan siswa melalui 3 tahapan yaitu : metode pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil dari penelitian terbukti pada peserta yang telah mencapai kemampuan public speakinh yang memadai; kepercayaan diri yang meningkat; mampu membawakan materi dengan baik, serta dapat mengaplikasikan teknik teknik public speaking.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maya Kasmita, Ririn Nurfaathirany Hery, Rohmah Rifani, Muh. Rizal S, Asmunandar, A., Muhammad Aswan, & Firman Umar. (2023). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI DAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TELKOM MAKASSAR. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 44–446. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1721
Section
Articles

References

Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. 2018. “Strategi Pemasaran.” Universitas Garut.

Chumaeson, W. 2020. “Pelatihan Publik Speaking Pada Generasi Muda Desa Kiringan Boyolali.” Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 1(08):137-143.

G Lasmery, R. 2018. “Public Speaking Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM Di SMA Kristoforus 2, Jakarta Barat).” Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2),:81–85.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. 2019. “Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif Roswita Oktavianti1 Dan Farid Rusd.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2(1).

Sumrahadi, A. E., Respati, N. P., Kania, I., & Rahmadhanty, A. 2020. “Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Turnover Intention Pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi Pengembangan Sumberdaya Manusia.” Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora 2(1):1–16.

T Turistiati, A. 2019. “Pelatihan Komunikasi Efektif Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Cilendek Barat Dan Timur - Kecamatan Bogor Barat.” Jurnal PKM Abdi Moestopo, 2(1).

Most read articles by the same author(s)