Analisis SWOT dalam Pengembangan Usaha Toko Roti UD Wahyu Bakkery di Desa Tetehosi Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias

Main Article Content

Rizal Ananda Alwi Zebua
Yupiter Mendrofa
Ayler Beniah Ndraha
Emanuel Zebua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan usaha toko roti UD Wahyu Bakkery, untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama ini dalam pengembangan usaha toko roti UD Wahyu Bakkery dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha toko roti UD Wahyu Bakkery dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian UD Wahyu Bakkery Sumber data diambil dari dokumentasi, hasil wawancara dan hasil observasi. Dalam penelitian ini, wawancara dengan berbagai pertanyaan tentang topik penelitian dilakukan secara langsung. Hasil penelitian yang didapatkan dari hasil pengumpulun data dianalisis menggunakan analisis SWOT, IFAS dan EFAS. Berdasarkan hasil analisis faktor internal, kekuatan utama usaha roti UD Wahyu yaitu modal awal usaha termasuk ringan, banyaknya unit barang yang terjual sama dengan barang yang diproduksi, peralatan produksi yang digunakan mudah dan mampu mengifesiensi waktu  dan harga terjangkau. Kelemahan utama yaitu rendahnya kualitas SDM dan sistem pemasaran yang belum terfokus. Faktor eksternal yang menjadi peluang utama yaitu tersedianya tenaga kerja di wilayah sekitar banyak, ketersedian bahan baku dan tingkat permintaan produk tinggi. Ancaman utama yaitu adanya usaha baru yang mirip roti bakkery dan adanya pesaing atau munculnya pengusaha baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zebua, R. A. A. ., Mendrofa, Y., Ndraha, A. B. ., & Zebua, E. (2024). Analisis SWOT dalam Pengembangan Usaha Toko Roti UD Wahyu Bakkery di Desa Tetehosi Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5), 2258–2265. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.4434
Section
Articles
Author Biographies

Rizal Ananda Alwi Zebua, Universitas Nias

Manajemen

Yupiter Mendrofa, Universitas Nias

Manajemen

Ayler Beniah Ndraha, Universitas Nias

Manajemen

Emanuel Zebua, Universitas Nias

Manajemen

References

Abdul Wahid Mongkito, “Strategi Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi: EKS MTQ KOTA KENDARI)” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, Robust-Research Business and Economics Studies Volume 1 (No.2 2021), 94-120. (Juni 2021).

Ahmad. (2020). Manajemen Mutu Terpadu. Makassar: CV. Nas Media Pustaka.

A.Pearce, John II, Richard B.Robinson, Jr. (2020). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Assauri Sofjan, Strategic Management Sustainable Competitive Advantages, (Jakarta: Charisma Putra Utama, (2016), 4-6.

Bagja Waluyu, “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Berbasis Masyarakat Untuk Mengatasi Masalah Pengangguran”, (Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS-UPI (2017.)

Dinar Muhammad, S.E., M.S. Dr. M. Ihsan Said Ahmad, S.E., M.Si. Dr. Muhammad Hasan, S.Pd., M.Pd. (2020). Kewirausahaan. CV. Media Sains Indonesia, Bandung.

Fajar Nur’aini, Teknik Analisis SWOT Pedoman Penyusunan Strategi Yang Efektif & Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan Dan Ancaman Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, (2020), 7-11.

Ghalib Agfa, “Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal untuk Meningkatkan Daya Saing pada UKM Ekonomi Kreatif Batik Bakaran di Pati Jawa Tengah”, (Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang, Semarang, (2013),19. “Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal untuk Meningkatkan Daya Saing pada UKM Ekonomi Kreatif Batik Bakaran di Pati Jawa Tengah”, (Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang, Semarang, (2013), 19.

Irham Fahmi, Manajemen Risiko, (Bandung: Alfabeta, 2013), 264-265.

Jurnal Seminar Nasional Abdimas II (2019) Suryo Pratolo; Bambang Jatmiko; dan Misbahul Anwar Model Pemberdayaan Entrepreneurship Berbasis Gerakan Kemandirian Ekonomi Cabang Dan Ranting Muhammadiyah Dengan Metode On-Line.

Mahmud, Windu. (2019). Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mariantha, N. (2018). Manajemen Biaya (Cost Management). Sulawesi Selatan: Celebes Media Prakasa.

Nasfi, dkk. (2022). Strategi pengembangan Bisnis: Teori dan Implementasi. Jakarta: Tahta Media Group

Novianto, Evri. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish,Sleman.

Prasnowo, Adi, M. Baskoro, Gembong. dan Astuti, Murti. Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Kerajinan Batik. Surabaya: CV Jakad Publishing, (2019).

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka, (2015), 19.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2018). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P. Erlangga, Jakarta.

Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, (1992), hlm. 16.

Marry Coulter (2018) Bisnis usaha dan kreatifitas kerja

Mariantha (2018) kewirausahaan

Pranowo, baskor dan astute (2019) strategi manajemen usaha

Santoso, Hieronymus B. (2021). Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Industri Peternakan. CV. ANDI OFFSET.Yogaykarta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulaiman A, dan Asmawi. (2022). Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen dan Profitabilitas pada Rich’s Coffee. Equlibrium. Vol. 11(1). 19-29.

Suryabrata, Sumadi, (2018). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stephen P. Robbins dan Marry Coulter (2018) Manajemen pemasaran

Sarosa (2005) pengembangan usaha

Surya pradolo (2019) organisasi sebagai bisnis daya saing

Rangkuti (2018) faktor-faktor lingkungan terhadap pembentukkan sifat-sifat konsumen.