Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Proyek Di Kelompok B Paud Dwi Rama Al-Ikhlas Kota Palembang Tahun 2020-2021

Authors

  • Anggriyani Mayangsari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Elsa Cindrya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode proyek di Kelompok B PAUD Dwi Rama Al-Ikhlas Palembang Tahun 2020-2021. Meningkatkan Kreativitas anak melalui metode proyek pada penelitian ini difokuskan pada merencanakan pembuatan hiasan dinding berupa bingkai foto, mendapatkan bahan pembuatan bingkai foto di lingkungan sekitar, membuat hiasan dinding berupa bingkai foto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan triangulasi data. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak meningkat dan terbukti peningkatannya yang dimulai dari Pra siklus :23,4 MB, Siklus I : 32,0 BSH, Siklus II :39,0 BSB. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan ini sudah memenuhi rata-rata kelas dan sudah masuk TCPmax 44 dengan persentase keberhasilan pada siklus II mencapai 86,66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagti, Diana Amelia, Creative Thinking-Unsur-Unsur Penting Dalam Kreatif, Artikel: Https://Www.Slideshare.Net,5 januari,2020.

Christianti,Martha,2011. Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan Proyek (Artikel Majalah Dinamika terbit. 4 januari,2020.

Debeturu Balandina dan Lanny Wijaya Ningsih. (2019). Junal PAUD Universitas Kristen Satya Wacana Vol.3 Issue 1. 2 januari,2020.

Deswika Elda, Dkk, 2016.Penggunaan Metode Proyek Terhadap Sikap Kooperatif Padaanak Usia Dini, Jurnal: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Idris, H. Meity 2015. Strategi Pembelajaran yang menyenangkan, Jakarta: Luxim.

Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta.

Jasa unggah muliawan, Mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak, 2016. Yogyakarta: Gava Media Anggota IKAPI DIY.

Miranda, Diah, 2016. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kota Pontianak, Jurnal: Pembelajaran Prespektif I Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Mulyini Novi, 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini,Yogyakarta: Gava Media.

Nurhayati, Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Dengan Bereksplorasi Melalui Koran Bekas Di TamanKanak-kanak Aisyiyah 2 Duri. Jurnal Pesona PAUD Vol.1 No 1. 2 januari,2020.

Nurhalimah,Vika, 2012. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Perwanida 03 Mojo Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012,Surakarta: Artikel Naskah Publikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.4 januari,2020.

Rachmawati,Yeni., dan Euis Kurniati. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Rara, Alma Anggia, dan Untung Nopriansyah, Melalui permainan warna dengan media benang pada anak usia 5-6 tahun di raudhatul athfal perwanida I Bandar lampung.

Rahimah, Febrin yuridnir dan rita eka izzaty, Developing picture story book media for building the self awareness of early childhood children,Jurnal obsesi: pendidikan anak usia dini. 5 januari,2020.

Roopnarine ,Jaipaul L. dan James E. Johnsan, 2015. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Ratih Permata, Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Pusaka Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang. 3 januari,2020.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2018. Pendidikan anak usia dini konsep dan teori,. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Thamrin, M. Ropi’ah, . dan Marmawi, Penggunaan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Kenari. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fkip Untan.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 14 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Agus.2013.Pendidikan karakter usia dini (strategi membangun karakter di usia emas). Yogyakarta: pustaka pelajar

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Anggriyani Mayangsari, Leny Marlina, & Elsa Cindrya. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Proyek Di Kelompok B Paud Dwi Rama Al-Ikhlas Kota Palembang Tahun 2020-2021. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 338–355. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/104

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)